Lokadata.ID

Masa depan sektor logistik

Transformasi industri logistisk akan didorong oleh teknologi informasi
Transformasi industri logistisk akan didorong oleh teknologi informasi Fadhlan Aulia / Lokadata.id

Firma konsultan Price Waterhouse Coopers (PwC) mencatat perkembangan yang senada dengan industri logistik di Tanah Air: digitalisasi telah mengiringi perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja.

Temuan PwC tersebut tertuang dalam hasil riset bertajuk: Five Forces Transforming Transport & Logistics 2019, yang diperoleh dari survei terhadap 1.239 pemimpin perusahaan dari 85 negara sebagai responden.

Lima pendorong yang akan menciptakan transformasi dalam industri logistik adalah digitalisasi, pergeseran pada perdagangan internasional, perubahan proses bisnis yang didorong oleh piranti lunak, pergeseran pasar perdagangan domestik dan perubahan pada bidang permesinan seperti transportasi. Tiga di antaranya berkaitan langsung dengan teknologi informasi.

Itulah yang dipercayai bakal terjadi pada industri logistik ke depan. Bahkan perusahaan seperti JNE, Paxel dan Blibli telah menggunakan sistem robotik di penampungan barang mereka. Sejalan dengan perubahan tersebut, industri logistik ekspres saat ini pun telah menemukan jalannya untuk terus berkembang.

Karena itu, sulit bagi para pelaku industri jasa pengiriman untuk mengabaikan dukungan teknologi yang telah mengubah perilaku masyarakat, baik terkait cara berbelanja, maupun dalam pengiriman barang.

Catatan Redaksi: artikel ini merupakan bagian penutup dari tiga artikel Lokadata Report tentang industri logistik. Silakan klik artikel pertama dan kedua untuk mengikuti bagian lain.