Lokadata.ID

Megawati terima gelar profesor dari Universitas Pertahanan

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri saat orasi dalam sidang senat terbuka di Universitas Pertahanan RI, Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021).
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri saat orasi dalam sidang senat terbuka di Universitas Pertahanan RI, Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021). Fikri Setiawan / ANTARA FOTO

Presiden kelima Megawati Soekarnoputri dilantik menjadi Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan, Bogor.

"Prof. Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri adalah seorang putri terbaik bangsa Indonesia yang telah membuktikan keberhasilan menjadi Wakil Presiden RI tahun 1999-2001 dan selanjutnya sebagai Presiden RI tahun 2001-2004," ujar Rektor Universitas Pertahanan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian saat memimpin sidang senat terbuka pengukuhan profesor kehormatan, di Bogor, Jumat (11/6/2021).

Menurutnya, di kalangan pemimpin dunia belum ada seorang wanita dapat menjabat berturut-turut sebagai wakil presiden dan presiden. Kemudian, sejarah dunia mencatat tidak banyak seorang presiden yang juga putri dari seorang presiden sebelumnya.

"Sebagai pemimpin nasional, beliau mampu membawa negara dan bangsa Indonesia melalui masa-masa sulit pascareformasi 1998," kata Amarulla seperti dikutip Antaranews.

Ia menyebutkan bahwa periode kepemimpinan Megawati banyak menerbitkan berbagai kebijakan yang mendukung tugas-tugas Kementerian Pertahanan.Dalam sidang senat terbuka itu, Megawati memaparkan orasi ilmiah bertajuk "Kepemimpinan Strategik pada Masa Krisis".

Ia menyatakan, kepemimpinan strategik tidak diukur dari keberhasilan di masa lalu, melainkan harus berkorelasi dengan masa kini, sekaligus melekat tanggung jawab untuk masa depan.

“Kepemimpinan Strategik tidak hanya diukur dari keberhasilan kepemimpinan di masa lalu, namun juga berkorelasi dengan saat ini, dan melekat dengan tanggung jawab pemimpin bagi masa depan,” kata Megawati.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan itu, lalu menjelaskan bahwa dalam perspektif kekinian, kepemimpinan strategik setidaknya dihadapkan pada tiga perubahan besar yang mendisrupsi kehidupan manusia.

Ringkasan

  • Presiden kelima Megawati Soekarnoputri dilantik menjadi Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan, Bogor.
  • Di kalangan pemimpin dunia belum ada seorang wanita dapat menjabat berturut-turut sebagai wakil presiden dan presiden.
  • Sejarah dunia mencatat tidak banyak seorang presiden yang juga putri dari seorang presiden sebelumnya.
  • Megawati memaparkan orasi ilmiah bertajuk "Kepemimpinan Strategik pada Masa Krisis".

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh rmol.id dengan 5 pemberitaan, diikuti peringkat kedua okezone.com dengan 4 pemberitaan. selanjutnya era.id dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 08:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 07:00 WIB dengan total 13 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 1377.0 interaksi, diikuti peringkat kedua bentengsumbar.com dengan 0.0 interaksi. Selanjutnya bertuahpos.com dengan 0.0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.