Lokadata.ID

Mengenal helm sepeda

Jenis dan kegunaan helm
Jenis dan kegunaan helm Sandy Nurdiansyah / Beritagar.id

Salah satu perlengkapan wajib bagi pesepeda adalah helm (helmed). Fungsi utama helm adalah pelindung kepala untuk meminimalisasi cidera saat terjadi kecelakaan. Fungsi lain, ya, untuk bergaya.

Di pasar setidaknya ada 8 jenis helm sepeda. Semua memiliki bagian yang nyaris serupa:

  • Lapis luar berupa plastik atau acrylic tahan banting bercat aneka warna;
  • Lapisan tengah, atau rangka helm, terbuat dari styrofoam padat;
  • Dinamic fitting yang bisa diatur besar kecilnya sesuai ukuran kepala, lengkap dengan tali pengait yang juga bisa diatur panjang pendeknya plus klip pengunci; dan
  • Padding atau bagian dalam helm agar helm nyaman dipakai. Padding biasanya terbuat dari bahan lembut dan bisa mengisap keringat.

Sekalipun memiliki bagian yang serupa helm sepeda dibedakan dari bentuk dan kegunaannya.

Road bike misalnya, mengutamakan aspek perlindungan tanpa mengurangi fungsi kecepatan, sehingga desainnya sangat aerodinamis, karenanya ventilasi helm tidak terlalu banyak.

Ventilasi dirancang agar udara mengalir melewati helm dan keluar melalui ventilasi belakang. Helm road bike dibedakan dalam 3 jenis: Road, Aero Road dan Time Trial.

Helm MTB lain lagi. Aspek keamanan tetap menjadi faktor utama, faktor medan yang berat, membuat desain helm MTB lebih tebal dengan ventilasi yang jauh lebih banyak. Ventilasi dirancang untuk bekerja seperti cerobong asap, yang memungkinkan udara panas mengalir secara vertikal.

Helm MTB dibedakan dalam dua jenis, open face dan full face. Open face umumnya digunakan pada medan cross country dan all mountain. Sedang untuk free ride dan down hill yang risikonya jauh lebih besar diwajibkan menggunakan full face.

Hal terpenting dalam memilih helm, tentu saja bukan gaya dan modelnya, tapi fungsi dan kesesuaian dengan jenis sepeda dan lintasan yang dilalui. Jangan sampai Anda salah kostum, mengendarai road bike, tapi menggunakan helm full face, atau sebaliknya mengendarai sepeda down hill tapi menggunakan helm aero road.

Yang juga penting diperhatikan dalam memilih helm adalah ukuran yang pas. Sekalipun helm memiliki dynamic fitting, ukuran helm terlalu besar atau sebaliknya, akan mengurangi fungsi perlindungan dari helm tersebut.

Sedang kualitas helm, pastikan bila buatan lokal, mesti bestandar SNI, harganya sangat variatif dari Rp350 ribu hingga di atas Rp1 juta. Bila punya anggaran lebih, bisa membeli yang berstandar internasional seperti CE, Snell, atau CPSC.