Lokadata.ID

Menjaga kesehatan ginjal secara alami

Menjaga kesehatan ginjal
Menjaga kesehatan ginjal Natali_ Mis / Shutterstock

Salah satu organ dalam tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya adalah ginjal. Sebab, ginjal bekerja keras setiap hari untuk membuat fungsi tubuh Anda berjalan dengan baik.

Ginjal bertugas untuk menyaring limbah dalam tubuh, menyerap zat-zat yang dibutuhkan, mendetoksifikasi darah, dan menghilangkan kelebihan air dari tubuh. Ada beberapa cara untuk merawat ginjal Anda yang bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah tekanan darah. Jika terlalu tinggi, dampaknya bisa membuat ginjal stres. Namun, bila Anda kurang yakin mengenai tekanan darah, lebih baik periksakan ke dokter karena banyak orang memiliki tekanan darah tinggi dan tidak mengetahuinya.

Jangan merokok atau minum terlalu banyak alkohol sebab dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

Anda pun perlu lebih bijaksana dalam mengonsumsi air minum. Menjaga tubuh tetap terhidrasi bagus untuk ginjal, tetapi terlalu banyak air juga berbahaya bagi ginjal.

Bagaimana memeriksa apakah Anda cukup minum? Bisa dilihat dari warna air kencing. Jika warnanya kuning pucat atau cerah, berarti normal. Namun, bila warnanya kuning gelap, Anda mungkin perlu lebih banyak air.

Pastikan Anda menjadwalkan kegiatan berolahraga karena baik untuk jantung, membantu menyeimbangkan tekanan darah dan kadar gula darah, yang efeknya baik untuk ginjal. Usahakan untuk setidaknya 150 menit latihan intensitas sedang, seperti berjalan, bersepeda atau berenang, setiap minggu.

Bila saat ini Anda belum mencapai berat badan sehat, sebaiknya lakukan penurunan berat badan. Sebab, berat badan berlebihan membuat ginjal bekerja lebih keras karena menyaring lebih banyak darah dari biasanya untuk menghindari risiko mengembangkan penyakit ginjal kronis dalam jangka panjang.

Indeks massa tubuh adalah cara untuk memeriksa apakah Anda memiliki berat badan sehat.

Pola makan pun menjadi hal krusial dalam perawatan ginjal. Pasien dengan penyakit ginjal akan mendapat rekomendasi pola makan berbeda, tergantung pada kondisi masing-masing.

Namun, bagi kebanyakan orang dengan penyakit ginjal lanjut, penting untuk mengikuti diet ramah ginjal yang membantu mengurangi jumlah limbah dalam darah.

Jika Anda ingin mengikuti pola makan untuk meningkatkan fungsi ginjal sambil mencegah kerusakan lebih lanjut, bisa membatasi asupan nutrisi seperti sodium, kalium, fosfor, dan protein.

Sementara itu, untuk makanan yang ramah bagi orang dengan masalah ginjal antara lain kembang kol, anggur merah, putih telur, bawang putih, minyak zaitun, kubis, bulgur, ayam tanpa kulit, bawang bombay, lobak, nanas, dan jamur shiitake.

Bagi pasien diabetes, selalu ikuti saran dokter untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali. Seiring dengan hipertensi, diabetes adalah salah satu masalah terbesar bagi kesehatan ginjal.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sekitar satu dari tiga orang dewasa dengan diabetes memiliki penyakit ginjal kronis. Setiap 24 jam, 143 orang dengan diabetes memulai pengobatan untuk gagal ginjal.

Nefropati diabetik adalah komplikasi serius yang berhubungan dengan ginjal pada diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Kondisi ini juga disebut penyakit ginjal diabetik. Sekitar 10 hingga 40 persen penderita diabetes berisiko menderita penyakit ginjal kronis.