Lokadata.ID

Misteri seputar menghilangnya Jack Ma setelah kritik Pemerintah Cina

Pendiri dan Ketua Eksekutif Alibaba Group Jack Ma dalam sebuah acara (7/11/2018).
Pendiri dan Ketua Eksekutif Alibaba Group Jack Ma dalam sebuah acara (7/11/2018). Jason Lee / ANTARA FOTO/REUTERS

Pendiri platform e-commerce Alibaba, Jack Ma dikabarkan menghilang karena tidak tampil di hadapan publik selama dua bulan terakhir. Salah satu orang terkaya di Cina itu juga tidak men-tweet apa pun di akun Twitter pribadinya selama hampir tiga bulan. Postingan terakhirnya terjadi pada 10 Oktober 2020.

Selain itu, Jack Ma juga tidak muncul pada episode terakhir 'Africa's Business Heroes', sebuah pertunjukan bakat Jack Ma Foundation, di mana 10 pengusaha Afrika diberi hibah total AS$1,5 juta atau sekitar Rp20,8 miliar untuk mewujudkan ide-ide mereka.

Daily Mail, Senin 4 Januari 2021, mengabarkan, salah satu taipan Cina ini blak-blakan mengkritik regulator keuangan dan perbankan milik negara itu dalam pidatonya di Shanghai, pada Oktober 2020.

Jack Ma menyerukan dilakukannya reformasi sistem yang menahan inovasi bisnis. Dia pun meminta perbankan Cina menyamakan aturan dengan dunia internasional.

Belum ada keterangan resmi dari pihak Jack Ma dan juga otoritas Cina.

Ringkasan

  • Sebuah spekulasi merebak bersama tidak munculnya miliarder Cina, Jack Ma, di depan publik dalam dua bulan ini.
  • Pendiri Alibaba dengan aset sekitarAS$63,1 miliar atau Rp850 triliun itu disebut-sebut telah "melakukan pelanggaran" terhadap Presiden Xi Jinping.
  • Jack Ma, salah satu taipan Cina yang paling sukses dan blak-blakan, mengkritik regulator keuangan "pegadaian" negara komunis itu dan bank-bank milik negara dalam pidatonya di Shanghai pada Oktober 2020.
  • Kabar hilangnya Ma ini muncul setelah perselisihannya dengan pemerintah Cina belakangan ini terkait penangguhan IPO bisnis Ma.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh sindonews.com dengan 9 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 4 pemberitaan. selanjutnya republika.co.id dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 17:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 6 pemberitaan.

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnbcindonesia.com dengan 1175 interaksi, diikuti peringkat kedua cnnindonesia.com dengan 763 interaksi. Selanjutnya pojoksatu.id dengan 67 interaksi pada peringkat ketiga.

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.