Lokadata.ID

Netflix mulai pungut pajak per Agustus 2020

Ilustrasi layanan film daring melalui gawai di Jakarta, Sabtu (16/5/2020).
Ilustrasi layanan film daring melalui gawai di Jakarta, Sabtu (16/5/2020). Nova Wahyudi / Antara Foto

Layanan video streaming on-demand Netflix resmi menetapkan harga langganan baru bagi pengguna di Indonesia. Langkah ini sejalan dengan kebijakan pemerintah lewat peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang telah ditetapkan pada Juli lalu.

Adapun harga langganan baru Netflix per 1 Agustus 2020 sebagai berikut: 1) Paket Mobile Rp49.000 menjadi Rp54.000; 2) Paket Basic Rp109.000 menjadi Rp120.000; 3) Paket Standard (HD) Rp139.000 menjadi Rp153.000; dan 4) Paket Premium (Ultra HD/HD) Rp169.000 menjadi Rp186.000.

Enam perusahaan telah menerima surat keterangan terdaftar dan nomor identitas sebagai pemungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) gelombang pertama. Mereka adalah Amazon Web Services Inc., Google Asia Pacific Pte Ltd., Google Ireland Ltd., Google LLC, Netflix International BV, dan Spotify AB.

Ringkasan

  • Mulai hari ini, Sabtu (1/8/2020), layanan video streaming on-demand Netflix resmi menetapkan harga langganan baru bagi pengguna di Indonesia.
  • Layanan streaming tersebut mulai mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10% oleh Ditjen Pajak Kemenkeu RI per 1 Agustus 2020.
  • Netflix mengatakan bahwa daftar perubahan harga ini juga telah diinformasikan ke semua pelanggan baru maupun lama.
  • Menurut Netflix, bagi pelanggan baru, mereka sudah dapat melihat harga berlangganan yang baru mulai hari ini.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dan kumparan.com dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua telset.id dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 13:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 09:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh solopos.com dengan 11835 interaksi, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 98 interaksi. Selanjutnya kumparan.com dengan 84 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.