Lokadata.ID

OJK yakin restrukturisasi kredit menuai hasil positif

Tim Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat menyampaikan paparan dalam sosialisasi layanan sistem elektronik pencatatan inovasi keuangan digital di ruangan OJK 'Innovation Center for Digital Financial Technology' (Infinity), Jakarta, Selasa (29/10/2019)
Tim Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat menyampaikan paparan dalam sosialisasi layanan sistem elektronik pencatatan inovasi keuangan digital di ruangan OJK 'Innovation Center for Digital Financial Technology' (Infinity), Jakarta, Selasa (29/10/2019) Aditya Pradana Putra / Antara Foto

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan sejak Mei 2020 rasio kredit bermasalah atau non-performing loan sudah mulai membaik dan mulai bangkit dari dampak pandemi Covid-19. Restrukturisasi kredit untuk industri perbankan dan perusahaan pembiayaan pun sudah mulai melandai.

Restrukturisasi kredit perbankan sudah mulai melambat, karena sebagian besar restrukturisasi kredit dilakukan pada April, Mei dan Juni berjalan dengan baik. Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso meminta industri perbankan mulai gencar menyalurkan kredit.

Restrukturisasi kredit perbankan terhadap debitur terdampak pandemi Covid-19 per 22 Juni 2020 sudah mencapai Rp695,34 triliun. Sedangkan realisasi restrukturisasi perusahaan pembiayaan hingga 23 Juni 2020 telah mencapai Rp127,98 triliun.

Ringkasan

  • Ketua Dewan Komisoner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyatakan restrukturisasi kredit sudah mengalami penurunan.
  • Pasalnya, sebagian besar permintaan restrukturisasi sudah dilakukan pada April hingga Mei lalu.
  • Namun demikian, OJK akan terus memonitor implementasi restrukturisasi kredit yang dilakukan perbankan dan perusahaan pembiayaan.
  • Selain itu, Wimboh menambahkan program penempatan dana ini sudah selaras dengan perkembangan program restrukturisasi kredit yang mulai melandai realisasinya pada Juni.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh republika.co.id dan kontan.co.id dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua cnbcindonesia.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 11:00 hingga 17:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 13:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnbcindonesia.com dengan 35 interaksi, diikuti peringkat kedua republika.co.id dengan 30 interaksi. Selanjutnya liputan6.com dengan 19 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.