Lokadata.ID

Pasca merger dengan VPC, Kredivo jadi unicorn dan segera go public

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah beserta jajaran direksi Telkom berpose usai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2020 di Jakarta, Jumat (28/5/2021).
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah beserta jajaran direksi Telkom berpose usai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2020 di Jakarta, Jumat (28/5/2021). Hafidz Mubarak A / ANTARA FOTO

Kredivo, anak usaha PT Telkom, bakal segera masuk bursa. Rencana tersebut diawali merger dengan VPC Impact Acquisition Holdings II, anak perusahaan Victory Park Capital (VPC). Victory merupakan perusahaan investasi global yang berpusat di Chicago, Amerika Serikat. Merger ini menghasilkan perusahaan dengan ekuitas AS$2,5 miliar.

Kredivo pun memasuki era Unicorn. Sebelumnya, VPC juga memberikan pinjaman sebesar AS$200 juta kepada Kredivo. Bagi VPC, pinjaman itu merupakan yang terbesar ke perusahaan fintech di luar AS dan Eropa. "Membuat kami lebih dekat dengan tujuan kami melayani hingga 10 juta pelanggan," kata Umang Rustagi, CEO Kredivo Indonesia.

Telkom masuk ke Kredivo pada 2018 melalui MDI Ventures, dan Telkomsel Mitra Inovasi. "Ini merupakan buah manis dari strategi dan komitmen investasi Telkom di bisnis digital yang dijalankan melalui MDI Ventures dan TMI sudah on the track," kata Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya, seperti dikutip Suara.

Dalam keterangan kepada media, Budi mengatakan bahwa Telkom tidak hanya mengincar potensi capital gain yang mungkin diperoleh dari investasi ini, tapi juga sinergi untuk mendukung pengembangan bisnis digital Telkom. "Salah satunya adalah pemanfaatan big data Telkomsel untuk skoring kredit," kata Budi lagi.

Kredivo merupakan produk peer to peer lending (P2P) milik perusahaan financial technology (fintech) PT FinAccel Teknologi Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Aie Tan pada akhir Desember 2015. Sampai akhir 2020, Kredivo telah memberikan pinjaman kepada 30 juta orang, dengan 1,2 juta di antaranya masih aktif.

Ringkasan

  • Langkah investasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) di bisnis digital mulai berbuah manis.
  • Hal ini menyusul Kredivo, platform pembayaran keuangan digital berbasis kredit yang merupakan startup portofolio MDI Ventures, baru saja mengumumkan rencananya untuk menjadi perusahaan publik.
  • Rencana besar Kredivo akan diawali dengan langkah merger bersama anak perusahaan Victory Park Capital (VPC), perusahaan global investment yang berkantor pusat di Chicago.
  • Dengan nilai ekuitas yang diprediksi akan mencapai USD2,5 miliar, maka Kredivo memasuki era baru sebagai unicorn.
  • MDI Ventures, anak usaha Telkom melakukan pendanaan di Kredivo sejak 2018, dilanjutkan dengan pendanaan kedua pada tahun berikutnya bersama Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh liputan6.com dan krjogja.com dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 09:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 7 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh liputan6.com dengan 165 interaksi, diikuti peringkat kedua bisnis.com dengan 136 interaksi. Selanjutnya cnbcindonesia.com dengan 81 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.