Lokadata.ID

Pekerja asing bisa ikut vaksinasi gotong royong

Ilustrasi: Vaksin Sinopharm
Ilustrasi: Vaksin Sinopharm Akhtar Soomro / ANTARA FOTO/REUTERS

Pemerintah memfasilitasi warga negara asing (WNA) untuk mendapat akses vaksinasi Covid-19. Warga asing yang pekerja di sini bisa divaksinasi dengan skema gotong royong, yakni dengan pendanaan sepenuhnya oleh perusahaan penanggung mereka.

Pekerja asing yang bisa divaksin harus memiliki kartu izin tinggal terbatas (KITAS) atau kartu izin tinggal tetap (KITAP), kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers seperti dikutip Republika, Senin (3/5).

Selain itu, pemberian vaksinasi lewat skema gotong royong akan dilakukan berdasarkan zonasi prioritas. Pemerintah juga memprioritaskan industri padat karya agar bisa diberikan vaksinasi.

"Perusahaan yang telah mendaftarkan di Kadin, dan tentunya berbasis pada jenis industrinya, yang diutamakan padat karya," kata Airlangga.

Soal harga, Airlangga mengatakan, Kementerian Kesehatan segera menerbitkan Permenkes mengenai vaksinasi gotong royong. Nantinya, vaksinasi dengan skema gotong royong akan menggunakan vaksin Covid-19 produksi Sinopharm.

Indonesia sudah sepakat dengan Sinopharm untuk mendatangkan 7,5 juta dosis vaksin sampai Juli nanti. "Juga 5 juta (dosis) dari Cansino yang sedang dalam proses," kata Airlangga.

Vaksin Sinopharm bantuan Uni Emirat Arab (UEA) sebanyak setengah juta dosis sudah tiba di Tanah Air pekan lalu.

Hingga 10 April 2021, tercatat sebanyak 17.387 perusahaan mendaftar mengikuti vaksinasi gotong royong dengan 8,6 juta orang sasaran vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan pada pekan ketiga Mei 2021.

Ringkasan

  • Pekerja asing yang memiliki kartu izin tinggal terbatas (KITAS) atau kartu izin tinggal tetap (KITAP) bisa ikuti vaksinasi gotong royong
  • Hingga 10 April, ada 17.387 perusahaan telah mendaftar dengan 8,6 juta sasaran.
  • Vaksinasi gotong royong menggunakan vaksin Sinopharm
  • Indonesia sudah sepakat dengan Sinopharm untuk mendatangkan 7,5 juta dosis vaksin sampai Juli nanti

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua republika.co.id dan bisnis.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 05:00 hingga 17:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 6 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh katadata.co.id dengan 13 interaksi, diikuti peringkat kedua bisnis.com dengan 4 interaksi. Selanjutnya tribunnews.com dengan 2 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.