Lokadata.ID

Pemerintah naikkan besaran dan durasi BLT dana desa

Warga menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Balai Desa Tanjungkarang, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Senin (18/5/2020).
Warga menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Balai Desa Tanjungkarang, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Senin (18/5/2020). Yusuf Nugroho / Antara Foto

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengubah skema penyaluran bantuan sosial (bansos) berupa bantuan langsung tunai (BLT) dana desa. Total anggaran naik dari Rp21,19 triliun menjadi Rp31,79 triliun.

Pemerintah menambah besaran dan jangka waktu pemberian BLT dana desa kepada masyarakat. Total BLT yang sebelumnya sebesar Rp1,8 juta per keluarga penerima manfaat (KPM), naik menjadi Rp2,7 juta/KPM.

Durasi pemberian BLT juga berubah dari sebelumnya 3 bulan menjadi 6 bulan. Pada tiga bulan pertama, setiap KPM akan menerima manfaat sebesar Rp600.000/KPM/bulan. Untuk tiga bulan berikutnya anggaran yang diterima hanya sebesar Rp300.000/KPM/bulan.

Ringkasan

  • Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati baru saja menaikkan besaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa yang akan diterima masyarakat.
  • Keputusan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua atas 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.
  • Dalam aturan itu, Sri Mulyani pun menambah besaran total BLT Desa yang diterima oleh masyarakat dan juga menyederhanakan penyalurannya.
  • Nantinya, wargadesa akan mengantongi BLT Rp2,7 juta per keluarga penerima manfaat (KPM).
  • Selain itu, untuk mempercepat penyaluran BLT Dana Desa, pemerintah pun mendesain ulang sistem pencairan Dana Desa.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dan kontan.co.id dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 23:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 07:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 4788 interaksi, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 2856 interaksi. Selanjutnya kompas.tv dengan 1635 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.