Lokadata.ID

Pemerintah perpanjang PPKM Level 4 di Jawa-Bali sampai 16 Agustus

Menko Polhukam Mahfud MD (kanan) berbincang dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) sebelum dimulainya rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/6/2021).
Menko Polhukam Mahfud MD (kanan) berbincang dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) sebelum dimulainya rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/6/2021). Aprillio Akbar / ANTARA FOTO

Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di jawa dan Bali dari 10 hingga 16 Agustus 2021, demikian diumumkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam jumpa pers secara daring, Senin malam (9/8/2021).

Ia mengatakan, perpanjangan dilakukan di beberapa daerah dengan pertimbangan beberapa indikator dalam seminggu terakhir.

"Atas arahan Presiden Joko Widodo, PPKM Level 4 di Jawa Bali akan diperpanjang hingga 16 Agustus 2021," kata Luhut dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, 9 Agustus 2021.

Sesuai dengan keputusan rapat kabinet yang dipimpin Presiden Jokowi, kata Luhut, evaluasi PPKM Level 4 Jawa Bali dilakukan sekali seminggu. Sementara, evaluasi PPKM Level 4 luar Jawa Bali dilakukan sekali dua minggu.

Evaluasi kedua kawasan ini, kata Luhut, tidak bisa disamakan karena perbedaan infrastruktur. Selanjutnya, level daerah-daerah akan ditentukan oleh Menteri Dalam Negeri melalui Instruksi Mendagri yang akan dikeluarkan Senin malam.

PPKM Level 4 di Luar Jawa-Bali

Pemerintah juga menyatakan PPKM Level 4 dan 3 di luar Jawa dan Bali diperpanjang selama dua pekan sampai 23 Agustus 2021. "Pemerintah memperpanjang PPKM Level 4 dan 3 di luar Jawa dan Bali selama dua pekan, karena kasus Covid-19 di sana sedang naik," kata Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Untuk kawasan di luar Jawa dan Bali, kabupaten dan kota yang masuk level 4 sebanyak 45. Sedangkan yang masuk level 3 sebanyak 302, dan level 2 sebanyak 39.

Untuk daerah PPKM Level 3 di luar Jawa Bali, sekolah bisa luring dengan maksimal murid sebanyak 50 persen kapasitas. Industri ekspor dan pengunjung bisa beroperasi 100 persen, restoran bisa makan di tempat dengan 50 persen kapasitas, tempat ibadah diperbolehkan kegiatan dengan maksimal 50 persen kapasitas atau maksimal 50 jemaah. Semua kegiatan harus dengan protokol kesehatan ketat.

Untuk daerah PPKM Level 4 di luar Jawa Bali, Industri ekspor dan pengunjung bisa beroperasi 100 persen, sedangkan rumah ibadah diperbolehkan kegiatan dengan maksimal 25 persen kapasitas atau maksimal 30 jemaah. Semua kegiatan harus dengan protokol kesehatan ketat.