Lokadata.ID

Pemerintah siapkan 33 RS Darurat Covid-19 untuk 8.800 pasien

Sejumlah tenaga kesehatan berjalan menuju ruang perawatan pasien  di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/1/2021).
Sejumlah tenaga kesehatan berjalan menuju ruang perawatan pasien di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/1/2021). M Risyal Hidayat / ANTARA FOTO

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan rumah sakit darurat (RSD) untuk penanganan pasien Covid-19 di 33 lokasi, yang bisa menampung 8.800 pasien.

"Sesuai dengan tugas yang diberikan oleh pemerintah, Kementerian PUPR menyiapkan tidak hanya ruang isolasi, tetapi juga rumah sakit," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip Medcom (8/8/2021).

RSD tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo Raya, Surabaya, Bali, Medan, dan Lampung. Salah satu RSD teranyar yang diwujudkan di Ibu Kota yakni Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

"RSD Asrama Haji terdiri dari lima gedung yang telah diubah menjadi RSD untuk penanganan Covid-19 dengan total hampir 900 tempat tidur, termasuk untuk menampung tenaga kesehatan," ujar Basuki.

RSD Asrama Haji Pondok Gede memiliki kapasitas 887 tempat tidur di ruang perawatan atau isolasi dan 36 tempat tidur High Care Unit (HCU). Bangunan dikonversi menjadi RSD sejak Juni 2021.

Sejumlah RSD di Jakarta lainnya, yakni Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Rusun Nagrak, dan Wisma Atlet Kemayoran. Kemudian, Gedung Pusat Kesehatan Ibu Anak (GPKIA) Kiara di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang selesai pengerjaan pada 6 Agustus 2021.

"GPKIA memiliki 288 tempat tidur di ruang perawatan, 38 Neonatal Intensive Care Unit (NICU), 8 Intensive Care Unit (ICU), 23 HCU, dan 2 ruang operasi," ujar Basuki.

Selanjutnya, di Bandung terdapat tujuh RSD yang dimanfaatkan sebagai rumah sakit rujukan Covid-19. Sementara itu, Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat 10 lokasi.


Kota Solo dan Semarang terdapat tambahan kapasitas tampung tempat isolasi yakni di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Rusun BBWS Pemali Juwana, dan Gedung Diklat BPSDMD Jawa Tengah. Di Surabaya, terdapat RSPAL Dr Ramelan, RSUP Dr Soetomo, dan Rumah Oksigen SIER.

Sementara itu, RSD yang disiapkan di luar Pulau Jawa merupakan hasil evaluasi dari Presiden Joko Widodo dan Kementerian Kesehatan dan Kemenko Kemaritiman dan Investasi. Beberapa di antaranya yakni Wisma Werdhapura dan Wisma Bima I Kuta di Bali.

Selanjutnya di Medan, Sumatra Utara, berada di RS Pirngadi dan RS Adam Malik. Lalu, di Lampung RSD covid-19 disiapkan di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek.

Ringkasan

  • Kementerian PUPR telah menyiapkan rumah sakit darurat (RSD) untuk penanganan pasien Covid-19 di 33 lokasi, yang bisa menampung 8.800 pasien.
  • RSD tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo Raya, Surabaya, Bali, Medan, dan Lampung. Salah satu RSD teranyar yang diwujudkan di Ibu Kota yakni Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.
  • RSD tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo Raya, Surabaya, Bali, Medan, dan Lampung. Salah satu RSD teranyar yang diwujudkan di Ibu Kota yakni Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh sumaterapost.co dan pelitaekspres.com dengan 1 pemberitaan, diikuti peringkat kedua mitrapol.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 03:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 03:00 WIB dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh jakartamedia.co.id dengan 0 interaksi, diikuti peringkat kedua mitrapol.com dengan 0 interaksi. Selanjutnya pelitaekspres.com dengan 0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.