Lokadata.ID

Penangkapan Djoko Tjandra dirancang sejak 20 Juli 2020

Petugas kepolisian membawa buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra (tengah) yang ditangkap di Malaysia menuju Bareskrim Polri setibanya di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/7/2020).
Petugas kepolisian membawa buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra (tengah) yang ditangkap di Malaysia menuju Bareskrim Polri setibanya di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/7/2020). Nova Wahyudi / Antara Foto

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku tak kaget buronan kasus cessie Bank Bali, Djoko Tjandra, ditangkap Kepolisian RI di Malaysia pada Kamis (30/7/2020) malam. Penangkapan tersebut sudah dirancang 10 hari sebelumnya.

Awalnya, menurut Mahfud, pada Senin (20/7) ia menggelar rapat lintas kementerian yang melibatkan Polri, Kejaksaan Agung, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Luar Negeri. Rapat digelar untuk mengadakan operasi khusus penangkapan Djoko.

Namun, sebelum rapat, Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan kepolisian sudah menyiapkan operasi. Sigit meyakinkan Mahfud MD tak perlu kontak Government to Government, cukup kerja sama antar-kepolisian. Mahfud pun setuju dan yakin Polri bisa mengatasinya.

Ringkasan

  • Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku tidak kaget Djoko Tjandra berhasil ditangkap.
  • Skenario penangkapan buronan hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra, hanya diketahui 4 orang saja.
  • Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo meyakinkan Menkopolhukam kepolisian sudah menyiapkan operasi penangkapan.
  • Djoko adalah terdakwa kasus pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali senilai Rp904 miliar yang ditangani Kejaksaan Agung.
  • Ia kabur ke Port Moresby, Papua Nugini pada 10 Juni 2009, sehari sebelum MA mengeluarkan putusan perkaranya.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 18 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 11 pemberitaan. selanjutnya tempo.co dengan 4 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 16:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 06:00 WIB dengan total 10 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tempo.co dengan 4628 interaksi, diikuti peringkat kedua kompas.tv dengan 2786 interaksi. Selanjutnya liputan6.com dengan 1122 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.