Lokadata.ID

Perempuan Intan Jaya makin cantik, Anambas kian harum

Kabupaten/Kota dengan pengeluaran personal care tertinggi
Kabupaten/Kota dengan pengeluaran personal care tertinggi Lokadata / Lokadata

Pengeluaran untuk personal care saat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari alokasi pengeluaran rumah tangga. Menurut statista, pendapatan industri yang mencakup make-up, perawatan kulit dan rambut, wewangian, di Indonesia diperkirakan mencapai AS$7,5 miliar (Rp108 triliun), dengan pertumbuhan 6,6 persen per tahun.

Tingginya pangsa pasar perawatan tubuh di Indonesia tidak terlepas dari iklan perawatan tubuh yang memang tumbuh subur. Dilansir Janio.asia, McKinsey melaporkan, pada 2019, pasar perawatan tubuh di Indonesia bernilai AS$1,98 miliar dan akan tumbuh lebih dari 20 persen pada tahun 2023.

Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2020, Lokadata.id menyusuri 10 wilayah dengan proporsi pengeluaran personal care tertinggi.

Sebagai informasi, pengeluaran personal care di SUSENAS terbagi menjadi tiga yaitu: jasa kecantikan -perawatan kulit, muka, kuku, rambut. Kemudian beauty care -barang kecantikan (minyak wangi, minyak rambut, deodoran, bedak, kawat gigi, gunting kuku, rambut palsu atau wig, lipstik, sisir), dan pembalut wanita . Terakhir ada kebutuhan mandi yang terdiri dari sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, dan sampo.

Hasil olah data menunjukkan, delapan dari 10 wilayah dengan proporsi pengeluaran personal care tertinggi terdapat di Indonesia Timur.

Salah satunya adalah Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua. Dengan rata-rata pengeluaran rumah tangga Rp50 juta per tahun (2020), rumah tangga di wilayah ini mengalokasikan sekitar 7 persen -atau Rp3,5 juta untuk keperluan personal care.

Dari proporsi tersebut, alokasi terbesar diperuntukkan untuk perawatan kulit, muka, kuku, rambut sekitar 83 persen atau Rp2,9 juta per tahun, sementara sisanya untuk beauty care dan kebutuhan mandi.

Berbeda dengan Intan Jaya, keluarga di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, dan Kota Ambon, Maluku, merupakan dua wilayah dengan proporsi pengeluaran beauty care tertinggi dari total pengeluaran personal care, yaitu 28 persen. Masyarakat kedua wilayah itu makin wangi.