Lokadata.ID

Syarat masuk RI: Sertifikat vaksinasi atau divaksin di sini

Ilustrasi:  Terminal Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (5/8/2021).
Ilustrasi: Terminal Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (5/8/2021). Fikri Yusuf / ANTARA FOTO

Pelaku perjalanan yang masuk ke Indonesia, baik warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA), wajib menyertakan dokumen vaksinasi Covid-19 lengkap dan bukti hasil negatif tes swab PCR di negara asal yang sampelnya diambil maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Ketentuan tersebut terdapat dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19. Nomor 18 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Covid-19.

"Untuk WNI yang masuk ke Indonesia wajib menunjukkan kartu atau sertifikat (fisik atau digital) telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap. Khusus bagi WNI yang belum mendapatkan vaksin di luar negeri maka akan divaksinasi di tempat karantina setibanya di Indonesia dan setelah dilakukan pemeriksaan Swab PCR kedua dengan hasil negatif," tulis ketentuan dam surat edaran tersebut seperti dikutip Berita Satu.

WNA yang masuk ke Indonesia wajib menunjukkan kartu atau sertifikat telah menerima vaksin dosis lengkap, danjika belum harus ikut vaksinasi di tempat karantina.

Syarat WNA yang boleh masuk ke Indonesia adalah berusia 12-17 tahun, WNA pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas serta WNA pemegang kartu izin tinggal terbatas (Kitas) dan kartu izin tinggal tetap (Kitap).


Sedangkan untuk WNA yang bermaksud keluar dari wilayah Indonesia, tidak perlu menunjukkan kartu/sertifikat vaksinasi Covid-19.

"Selama mereka tidak keluar dari area bandara selama menunggu penerbangan internasional."

Pelaku perjalanan dari luar negeri tetap diwajibkan menjalani karantina selama 8 x 24.

Ringkasan

  • Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatur beberapa syarat perjalanan internasional untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA).
  • Warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri juga harus menunjukkan surat vaksinasi lengkap jika ingin kembali ke Tanah Air.
  • Jika belum mendapat vaksin di luar negeri maka akan divaksinasi di tempat karantina setibanya di Indonesia setelah dilakukan pemeriksaan
  • Namun bagi WNA yang belum mendapatkan vaksin maka mereka akan mendapatkan vaksinasi di tempat karantina setibanya dari negara tujuan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 5 pemberitaan, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 2 pemberitaan. selanjutnya suarasurabaya.net dengan 1 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 15:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 11:00 WIB dengan total 7 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh mediaindonesia.com dengan 235 interaksi, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 108 interaksi. Selanjutnya kompas.com dengan 74 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.