Lokadata.ID

Pertamina kembali masuk Fortune Global 500

Pertashop di Desa Sibedi, Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (23/6/2021).
Pertashop di Desa Sibedi, Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (23/6/2021). Basri Marzuki / ANTARA FOTO

PT Pertamina (Persero) kembali masuk daftar Fortune Global 500 tahun 2021. Bahkan, Pertamina menjadi satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang masuk ke dalam daftar itu tahun ini.

Pertamina masuk ke peringkat 287 dengan nilai pendapatan perusahaan pada tahun buku 2020 sebesar AS$41,47 miliar dan laba AS$1,05 miliar. Tahun lalu perusahaan ini terdepak dari daftar Fortune Global 500.

Fortune Global 500, juga dikenal sebagai Global 500 adalah peringkat tahunan dari 500 perusahaan teratas di seluruh dunia yang diukur berdasarkan pendapatan. Daftar ini disusun dan diterbitkan setiap tahun oleh majalah Fortune.

"Hal ini juga merupakan pengakuan dunia internasional bahwa Pertamina sejajar dengan world class company lainnya," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati seperti dikutip CNBC Indonesia (4/8/2021).

Dia mengatakan berbagai tantangan dihadapi Pertamina sejak pandemi melanda tahun lalu. Pertamina mengalami triple shock sehingga mengalami penurunan pendapatan secara signifikan.

Namun dengan inovasi dan terobosan bisnis yang dilakukan di seluruh lini serta transformasi organisasi yang tengah dijalankan, Pertamina mampu meningkatkan pendapatan perusahaan hingga AS$41,47 miliar dan mencetak laba AS$1,05 miliar pada 2020.

Pertamina pada 2020 berkontribusi pada pemerintah sebesar Rp 200 triliun, yaitu melalui setoran pajak, dividen, dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp126,7 triliun serta penerimaan negara dari Minyak Mentah dan Kondensat Bagian Negara (MMKBN) dari blok-blok migas Pertamina sebesar Rp73,1 triliun.

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengucapkan selamat kepada jajaran manajemen yang sudah melakukan optimasi biaya di perusahaan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Pertamina bisa lebih baik lagi dan bersaing dengan perusahaan besar dunia. "Pertamina memiliki segala syarat, baik kualitas dan kapabilitas, untuk menunjangnya sebagai salah satu perusahaan besar dunia," kata Erick.

Ringkasan

  • PT Pertamina (Persero) kembali mencatatkan namanya dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2021.
  • Dalam rilis terbarunya, Fortune 500 menempatkan Pertamina di peringkat ke 287 dengan nilai pemasukan (revenue rating) sekitar ASD49,469 miliar.
  • Global 500 adalah peringkat tahunan dari 500 perusahaan teratas di seluruh dunia yang diukur berdasarkan pendapatan.
  • Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Pertamina bisa lebih baik lagi dan bersaing dengan perusahaan besar dunia.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh merdeka.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua cnbcindonesia.com dan bizlaw.id dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 02:00 hingga 11:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 06:00 WIB dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 292 interaksi, diikuti peringkat kedua cnbcindonesia.com dengan 160 interaksi. Selanjutnya urbannews.id dengan 1 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.