Lokadata.ID

Petronas temukan cadangan minyak di Madura

Ilustrasi  pengeboran minyak milik Pertamina EP Asset 3 di Subang, Jawa Barat (4/2/2020).
Ilustrasi pengeboran minyak milik Pertamina EP Asset 3 di Subang, Jawa Barat (4/2/2020). M Ibnu Chazar / ANTARA FOTO

Petronas Carigali North Madura II Ltd menemukan cadangan minyak melalui pengeboran sumur eksplorasi Hidayah-1 di Wilayah Kerja North Madura II.

Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas), Jaffee Arizona Suardin, mengungkapkan target kegiatan eksplorasi Petronas adalah menyentuh Formasi Ngimbang Carbonate, dengan besaran sumber daya inplace sebesar 158 juta barel minyak (MMBO).

Pada kegiatan pengeboran ini, kedalaman keseluruhan sumur Hidayah-1 berada pada 2.739 meter. Setelah kegiatan pengeboran berjalan 57 hari, SKK Migas dan Petronas Carigali North Madura II melakukan 1 interval drill steam test (DST) untuk mengetahui laju alir serta data reservoir pada Formasi Ngimbang dan berhasil menemukan hidrokarbon berupa minyak dengan lajur alir awal ~2.100 barel minyak per hari (BOPD).

“Saat ini kami masih melakukan analisa akhir untuk menentukan jumlah sumber daya, tetapi ini adalah temuan yang sangat menggembirakan setelah sebagian besar temuan kami berupa gas,” kata Jaffee seperti dikutip Dunia Energi.

Penemuan ini, akan menjadi pondasi yang kokoh bagi upaya penemuan lainnya sebagai upaya bersama pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan visi produksi 1 juta barel minyak dan 12 BSCFD gas di tahun 2030.

"Penemuan ini tentunya ke depan akan memberikan manfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat setelah potensi minyak tersebut dapat diproduksi", kata Jaffee.

Ringkasan

  • Petronas Carigali North Madura II Ltd sukses menemukan cadangan minyak melalui pengeboran sumur eksplorasi Hidayah-1 di Wilayah Kerja North Madura II.
  • Kegiatan pengeboran mulai dilakukan 7 Januari 2021 itu ditengarai berhasil menemukan cadangan minyak.
  • Pengeboran sumur Hidayah-1 merupakan salah satu dari kegiatan komitmen pasti WK North Madura II.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh mediaindonesia.com dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua medcom.id dan dunia-energi.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 05:00 hingga 08:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 08:00 WIB dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 1 interaksi, diikuti peringkat kedua dunia-energi.com dengan 1 interaksi. Selanjutnya medcom.id dengan 0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.