Lokadata.ID

Puncak arus balik Iduladha 2020 diprediksi pada Minggu (2/8)

Foto udara jalan tol salah satu jalur mudik di Pejagan-Pemalang, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (7/6/2019).
Foto udara jalan tol salah satu jalur mudik di Pejagan-Pemalang, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (7/6/2019). Oky Lukmansyah / Antara Foto

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak peningkatan volume lalu lintas kendaraan menuju Jakarta atau arus balik Iduladha 2020 akan terjadi pada Minggu, 2 Agustus 2020. Karenanya, pengguna jalan diimbau menghindari waktu yang bersamaan untuk kembali ke Jakarta.

Kepadatan arus lalu lintas mulai meningkat sejak Senin (27/7), tercatat kenaikan sebesar 0,3 persen atau 123.764 kendaraan dibandingkan hari biasa. Pada 28 Juli ada kenaikan 7,4 persen atau 132.494, dan pada 29 Juli 18 persen atau 145.596 kendaraan, yang keluar dari sejumlah jalan tol di Jakarta.

Jika arus balik terjadi hanya dalam satu hari, potensi kepadatan terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta Cikampek II Elevated sangat tinggi. Jalan tol tersebut merupakan akses utama untuk pengguna jalan dari arah timur menuju wilayah Jabotabek.

Ringkasan

  • Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih tidak kembali ke Jakarta lewat jalan tol.
  • Kementerian Perhubungan juga mengimbau para pemudik Iduladha untuk menghindari perjalanan pulang pada Minggu (2/8/2020).
  • PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi, puncak peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang menuju Jakarta atau arus balik mudik Iduladha 2020 akan terjadi pada Minggu, 2 Agustus 2020.
  • Parapihak di jalan tol memonitor jumlah penumpang pada kendaraan, mengimbau menggunakan masker, serta memeriksa suhu penumpang.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh okezone.com dengan 8 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dan republika.co.id dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 16:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 08:00 WIB dengan total 8 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 250 interaksi, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 221 interaksi. Selanjutnya antaranews.com dengan 112 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.