Lokadata.ID

Rektor UI Ari Kuncoro akhirnya mundur dari Komisaris BRI

Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro memberikan pidato pada pelantikannya di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (4/12/2019).
Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro memberikan pidato pada pelantikannya di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (4/12/2019). Asprilla Dwi Adha / ANTARA FOTO

Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro mengundurkan diri sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Rangkap jabatan ini sebelumnya menjadi kontroversi, apalagi setelah Presiden Joko Widodo memberikan izin.

Surat pengunduran dirinya telah diterima oleh Kementerian BUMN dan telah diinformasikan secara resmi kepada BRI. Perihal pengunduran diri ini terungkap dalam Keterbukaan informasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk pada tanggal 22 Juli 2021.

"Sehubungan itu, Perseroan akan menindaklanjuti sesuai ketentuan dan prosedur," tulis Keterbukaan Informasi dari BRI seperti dikutip CNBC Indonesia.

Sebelumnya, ramai dibicarakan perihal rangkap jabatan yang diemban Ari sebagai pimpinan universitas dan komisaris perusahaan BUMN. Ia menjadi komisaris sejak 2020. Adapun Komisaris Utama Bank BRI dijabat Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri BUMN dan eks Dirut PT Bank Mandiri.

Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2021 tentang Statuta Universitas Indonesia (UI) yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) 2 Juli lalu, mengizinkan Rektor UI Ari Kuncoro memiliki rangkap jabatan sebagai salah satu komisrasi di BUMN. PP tersebut mengubah ketentuan dalam PP Nomor 68 Tahun 2013.

Ari sebelumnya juga sempat menjabat Komisaris Utama/Independen PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk periode 2017-2020.

Sebelumnya, menanggapi polemik ini Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto menjelaskan bahwa Anggota Dewan Komisaris Bank BRI dimungkinkan aktif di lingkungan sivitas akademika.

"Adapun pelaksanaan tugas dan fungsi anggota dewan komisaris dalam jabatannya berpedoman pada ketentuan yang berlaku," kata Aestika dalam surat jawaban pertanyaan BEI, dalam keterbukaan informasi, dikutip Selasa (6/7/2021).

Dia menegaskan tidak ada informasi/kejadian penting lainnya yang material dan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan serta dapat mempengaruhi harga saham perusahaan. Sementara itu, dari sisi Kemendikbud-Ristek menyerahkan permasalahan Rektor UI itu ke majelis wali amanat (MWA) UI.

Ari dinilai melanggar Peraturan Pemerintah (PP) tentang Statuta Universitas Indonesia Nomor 68 Tahun 2013. Dalam Pasal 35 huruf c, disebutkan bahwa rektor dilarang merangkap sebagai pejabat pada BUMN.


Ringkasan

  • Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro akhirnya mundur dari posisi Wakil Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.
  • Sebagaimana diketahui, Ari Kuncoro merangkap jabatan sebagai Wakil Komisaris Utama/Independen di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI).
  • Sehubungan itu, perseroan menerbitkan Keterbukaan informasi pada tanggal 22 Juli 2021.
  • Dengan menerima pengunduran diri Ari, BRI menegaskan komitmennya untuk menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang baik.
  • Sebelumnya, BRI mengumumkan pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Komisaris BRI hari ini.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh detik.com dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua cnbcindonesia.com dengan 2 pemberitaan. selanjutnya tempo.co dengan 1 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 06:00 hingga 12:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 12:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 1018.0 interaksi, diikuti peringkat kedua tempo.co dengan 838.0 interaksi. Selanjutnya beritasatu.com dengan 0.0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.