Lokadata.ID

Sertifikat vaksinasi jadi syarat ke tempat umum, Luhut: Pelan-pelan

Seorang pedagang menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 miliknya di pasar tradisional Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat (6/8/2021).
Seorang pedagang menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 miliknya di pasar tradisional Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat (6/8/2021). Muhammad Bagus Khoirunas / ANTARA FOTO

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah sedang merencanakan menjadikan kartu vaksin Covid-19 sebagai syarat masyarakat untuk mengakses tempat umum.

Penerapan kebijakan itu nantinya akan dilakukan secara bertahap.

"Sekarang kami mau pelan-pelan orang yang mau masuk Malioboro harus punya kartu vaksin. Orang yang masuk Malioboro harus pakai ini (kartu vaksin)," jelas Luhut usai memantau pelaksanaan vaksinasi di Gedung Setda Sleman, Jumat (06/08), seperti dikutip Kompas.

Kartu tanda divaksinasi Covid-19 itu disebut Luhut juga bakal jadi syarat untuk masuk ke pusat perbelanjaan dan restoran.

"Jadi nanti kalian pergi ke restoran enggak pakai ini tolak, belanja enggak pakai ini tolak. Karena ini demi keselamatan kita semua," katanya.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo juga berniat mendorong kartu vaksin sebagai syarat masyarakat untuk berkunjung ke tempat-tempat umum salah satunya destinasi wisata.

Kustini menyampaikan, sektor industri pariwisata hampir seluruhnya terdampak selama pandemi Covid-19. Hal itu juga berdampak pada menurunnya pendapatan asli daerah (PAD) yang selama ini banyak diperoleh dari kegiatan pariwisata.

"Ini (kartu vaksin) solusi untuk tempat wisata agar tidak kolaps," katanya.

Download sertifikat vaksinasi

Sejumlah daerah sudah menerapkan keharusan pengunjung, pegawai dan pedagang di mal, pasar, restoran dan tempat umum lain mempunyai sertifikat vaksin adalah DKI Jakarta dan Bandung.

Sertifikat vaksin Covid-19 yang diberikan pemerintah diberikan dalam bentuk digital. Untuk mengeceknya bisa dilakukan melalui situs Pedulilindungi.id atau melalui aplikasi Pedulilindungi yang tersedia bagi smartphone Android dan iOS iPhone.

Berikut cara mengecek dan mendownload Setifikat vaksin Covid-19 di situs Pedulilindungi.id seperti dikutip dari CNBC Indonesia:

- Buka situs pedulilindungi.id, akan tersedia Login/Register di bagian kanan atas layar.

- Masyarakat yang belum memiliki akun harus membuatnya terlebih dulu. Namun bagi yang sudah bisa memilih menu Login Sekarang.

- Masukkan nomor ponsel dan tekan Login Sekarang. Selanjutnya kan dibawa masuk ke akun yang terdaftar.

- Klik nama akun, terdapat sejumlah pilihan menu dan pilih Sertifikat. Di sana bisa mengecek dan mendownload sertifikat pilih Sertifikat Vaksin.

- Akan ada sertifikat sesuai dengan jumlah suntikan yang diterima.

- Klik sertifikat yang diinginkan, pilih Unduh Sertifikat untuk download.

Sertifikat digital juga dikirim melalui SMS dari nomor 1199, Anda tinggal klik tautan yang dikirimkan untuk melihat sertifikat vaksinasi Covid-19.

Ringkasan

  • Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah sedang merencanakan untuk membuat kartu vaksin Covid-19 sebagai syarat masyarakat untuk mengakses tempat umum.
  • Kartu tanda divaksinasi Covid-19 itu disebut Luhut juga bakal jadi syarat untuk masuk ke pusat perbelanjaan dan restoran.
  • DKI Jakarta dan Bandung sudah menerapkan ketentuan sertifikat vaksinasi sebagai syarat ke tempat publik

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua riauredaksi.com dan kontan.co.id dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 07:00 hingga 13:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 2 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 140 interaksi, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 38 interaksi. Selanjutnya kontan.co.id dengan 0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.