Lokadata.ID

Sri Mulyani: Ada serangan varian Delta, anggaran kesehatan Rp300 triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengikuti rapat kerja dengan Komisi XI DPR  (8/6/2021).
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengikuti rapat kerja dengan Komisi XI DPR (8/6/2021). Hafidz Mubarak A / ANTARA FOTO

Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan anggaran kesehatan dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional akan melonjak hingga Rp300 triliun menyusul terjadinya serangan virus korona varian Delta, yang membuat pemerintah melakukan PPKM Level 4 sampai sebulan lebih sejak 3 Juli 2021.

"Untuk kesehatan kita naik dari Rp176 triliun dalam penanganan Covid-19 menjadi Rp214,9 triliun. Total anggaran kesehatan tahun ini di proyeksikan bahkan bisa mencapai di atas Rp300 triliun," kata Sri Mulyani, Rabu (4/8/2021) seperti dikutip Medcom.id.

Menurut Sri Mulyani kenaikan angka ini juga dipengaruhi tingkat belanja untuk bantuan sosial yang meningkat. Pemerintah pun berupaya meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 akibat kebijakan PPKM Darurat.

"Selain itu, kami juga meningkatkan belanja untuk bantuan sosial karena masyarakat mengalami tekanan yang luar biasa pada saat pemerintah harus melakukan langkah-langkah untuk pengendalian Covid-19 dengan mengurangi mobilitas," katanya.

Sri Mulyani juga mengatakan, pemerintah melakukan percepatan vaksinasi secara gratis kepada masyarakat. Sebab, vaksin merupakan salah satu cara efektif menanggulangi pandemi covid-19. Sehingga, dengan adanya kekebalan komunal (herd immunity) diharapkan perekonomian Indonesia dapat berjalan dengan normal kembali.

Ia optimistis sektor ekonomi Indonesia dapat bangkit kembali di tengah pandemi covid-19 yang sedang dialami Indonesia saat ini.

Sri Mulyani mengatakan akselerasi pemulihan ekonomi Indonesia hingga kuartal II-2021 ini cukup meyakinkan. Tetapi, dengan munculnya varian Delta membuat pemerintah harus mengambil kebijakan seperti PPKM Darurat sehingga mempengaruhi momentum ekonomi.


Ringkasan

  • Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan, anggaran kesehatan dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bisa makin membengkak pada tahun ini.
  • Selain itu, belanja untuk bantuan sosial juga ditingkatkan menjadi Rp187 triliun pada tahun 2021 karena masyarakat mengalami tekanan yang sangat luar biasa pada saat pemerintah melakukan pembatasan.
  • Tetapi, dengan munculnya varian Delta covid-19 membuat pemerintah harus mengambil kebijakan seperti PPKM Darurat sehingga mempengaruhi momentum ekonomi.
  • Ia menyebutkan, jenis bantuan sosial yang ditingkatkan antara lain Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 10 juta masyarakat paling bawah, kartu sembako untuk 18,8 juta, Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk 10 juta dan 5,95 juta penerima tambahan, serta bantuan logistik dalam bentuk beras Bulog.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh teropongmetro.com dan pertama.id dengan 1 pemberitaan, diikuti peringkat kedua merdeka.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 03:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh teropongmetro.com dengan 132 interaksi, diikuti peringkat kedua pertama.id dengan 18 interaksi. Selanjutnya balipost.com dengan 0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.