Lokadata.ID

Sri Mulyani minta kementerian dan lembaga berhemat demi vaksinasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani Puspa Perwitasari / ANTARA FOTO

Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta kementerian dan lembaga (K/L) segera menyampaikan usulan revisi anggaran dalam rangka penghematan belanja Tahun Anggaran (TA) 2021.

"Sesuai ketentuan dalam PMK Nomor 208/PMK.02/2020 tentang Tata Cara Revisi Anggaran TA 2021, paling lambat tanggal 12 Februari 2021," ujar Menkeu dalam salinan surat yang diterima Tribun, Rabu (13/1/2021).

Keputusan Kementerian Keuangan tersebut menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo dalam Sidang Kabinet 6 Januari 2021 dengan agenda 'Evaluasi Pelaksanaan APBN 2020 dan Implementasi Kebijakan APBN Tahun Anggaran (TA) 2021'.

Dalam suratnya kepada kementerian dan lembaga (K/L), Sri Mulyani mengatakan, perlu dilakukan langkah strategis berupa refocusing dan realokasi belanja K/L TA 2021. "Dalam rangka mengamankan pelaksanaan pengadaan vaksin dan program vaksinasi nasional, penanganan pandemi Covid-19, dukungan anggaran perlindungan sosial kepada masyarakat, serta percepatan pemulihan ekonomi nasional," tulis Menkeu.

Dalam melakukan penghematan belanja K/L agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut yakni sumber penghematan belanja berasal dari rupiah murni (RM) serta jenis belanja yang dapat dilakukan penghematan adalah belanja barang dan belanja modal.

Pemerintah telah memproyeksikan anggaran vaksin virus korona pada 2021 mencapai lebih dari Rp 74 triliun. Besaran dana tersebut, sebagai tindak lanjut, Presiden RI Jowo Widodo yang menginstruksikan agar vaksin diberikan secara gratis kepada masyarakat Indonesia.

Anggaran tersebut melonjak 26,48 persen dari estimasi anggaran vaksin virus corona sebelumnya yakni Rp 54,4 triliun.

Ringkasan

  • Menteri Keuangan Sri Mulyani minta Kementerian dan Lembaga melakukan penghematan demi menyelamatkan anggaran vaksinasi Covid-19 gratis.
  • Kementerian Keuangan memutuskan untuk melakukan penghematan anggaran di tahun 2021 untuk fokus mengatasi dampak pandemi Covid-19.
  • Kementerian Keuangan meminta kementerian dan lembaga (K/L) untuk segera menyampaikan usulan revisi anggaran dalam rangka penghematan belanja Tahun Anggaran (TA) 2021.
  • Anggaran vaksin virus korona pada 2021 mencapai lebih dari Rp 74 triliun. Anggaran tersebut melonjak 26,48 persen dari estimasi anggaran vaksin virus korona sebelumnya yakni Rp 54,4 triliun.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua suarantb.com dan nawacitapost.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 05:00 hingga 14:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 07:00 WIB dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 15 interaksi, diikuti peringkat kedua suarantb.com dengan 3 interaksi. Selanjutnya nawacitapost.com dengan 1 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.