Lokadata.ID

Taliban rebut ibu kota provinsi kedua di Afghanistan

Mantan Mujahidin memegang senjata untuk mendukung pasukan Afghanistan dalam perang melawan Taliban, di pinggiran provinsi Herat, Afghanistan, Sabtu (10/7/2021).
Mantan Mujahidin memegang senjata untuk mendukung pasukan Afghanistan dalam perang melawan Taliban, di pinggiran provinsi Herat, Afghanistan, Sabtu (10/7/2021). Jalil Ahmad / ANTARA FOTO/REUTERS

Taliban terus memperluas teritorinya sejak pasukan militer internasional meninggalkan Afghanistan. Dalam sepekan, kelompok pemberontak itu berhasil menguasai empat kota di negara tersebut.

INews mengutip Associated Press melansir, pasukan Taliban menyerbu Taleqan, ibu kota Provinsi Takhar yang terletak di bagian utara Afghanistan, Minggu (8/8/2021). Daerah itu jatuh ke tangan pemberontak setelah pengepungan beberapa waktu, kata dua anggota parlemen provinsi setempat.

Takhar memiliki arti penting bagi kelompok pejuang aliansi utara yang anti-Taliban. Aliansi itu pertama kali bergabung dengan koalisi militer pimpinan Amerika Serikat untuk menggulingkan Taliban pada 2001.

Selain Takhar, Taliban juga merebut sebagian besar Kota Kunduz, ibu kota Provinsi Kunduz di Afghanistan Utara.

Dua anggota Dewan Provinsi Kunduz mengatakan, Taliban menguasai kantor gubernur dan markas polisi setempat setelah terlibat baku tembak selama seharian. Kelompok itu juga menduduki gedung penjara utama. Di sana, mereka membebaskan 500 narapidana termasuk pasukan Taliban.

Wakil gubernur Sheberghan Provinsi Jawzjan, Qader Malia, menyampaikan pada Sabtu, pasukan pemerintah dan sejumlah pejabat mundur ke bandara di pinggiran kota di wilayah utara Afghanistan tersebut, di mana mereka mempersiapkan diri untuk mempertahankan diri.

“Kota itu sayangnya telah jatuh sepenuhnya,” kata Malia kepada AFP seperti dikutip Merdeka.


“Pasukan (pemerintah) dan para pejabat telah menarik diri ke bandara,” lanjutnya, dilansir Al Jazeera, Minggu (8/8).

Wartawan Al Jazeera, Charlotte Bellis yang melaporkan dari ibu kota Afghanistan, Kabul, situasi di lapangan berbeda dan tidak pasti.

“Taliban mengeluarkan pernyataan mengatakan mereka telah merebut kota Sheberghan. Mereka mengatakan ini terjadi pada sore ini,” katanya.

“Pemerintah membantah Taliban telah mengambil alih kendali sepenuhnya terhadap kota tersebut. Kementerian Dalam Negeri menyampaikan kepada kami mereka akan meluncurkan serangan perlawanan, mengirim aparat penegak hukum, pasukan khusus, dan telah memulai serangan udara,” kata Bellis.

Konselor Provinsi, Bismillah Sahil mengatakan Taliban telah merebut sejumlah bangunan penting seperti kantor gubernur, markas besar kepolisian, dan lapas utama di kota itu.

Namun demikian, pasukan pro pemerintah masih menguasai beberapa kawasan di kota itu seperti bandara dan brigade angkatan darat, menurut seorang anggota parlemen yang mewakili Jawzjan, Mohammad Karim Jawzjani.

Kota ini merupakan asal seorang tokoh ternama, Abdul Rashid Dostum, yang baru kembali ke Afghanistan pekan ini setelah menjalani pengobatan di Turki. Dostum mengawasi salah satu milisi terbesar di utara, yang mendapatkan reputasi dalam perjuangannya melawan Taliban pada 1990-an - bersama dengan tuduhan pasukannya membantai ribuan tawanan perang.

Pada Sabtu, Dostum menggelar rapat dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani di istana presiden. Pernyataan istana presiden mengutip Dostum yang mengatakan “saatnya berdiri bersama” pasukan keamanan dan “berjuang melawan musuh”.

Pada Jumat, Kementerian Pertahanan Afghanistan melaporkan telah membersihkan pejuang Taliban dari kota Sheberghan tetapi pada Sabtu, sumber lokal mengatakan kepada Al Jazeera, ibu kota provinsi itu berada di tangan Taliban.

Pada Jumat, Zaranj di provinsi Nimruz jatuh ke tangan Taliban tanpa pertempuran, menurut wakil gubernur provinsi tersebut, menjadi ibu kota provinsi pertama di Afghanistan yang direbut kelompok bersenjata tersebut.

Ringkasan

  • Pada Ahad (8/8/2021), Taliban mengklaim berhasil merebut ibu kota provinsi Kunduz, yang juga bernama Kunduz, di Afghanistan.
  • Taliban kembali merebut tiga ibu kota provinsi saat mereka melakukan serangan ke sejumalah kota setelah merebut sebagian besar wilayah pedesaan dalam beberapa bulan terakhir.
  • Dalam sepekan, kelompok pemberontak itu berhasil menguasai empat kota di negara tersebut.
  • Namun, penguasaan ini adalah pukulan besar bagi pasukan keamanan Afghanistan, yang harus mennghadapi pertempuran di seluruh negeri.
  • Taliban telah menguasai sebagian besar pedesaan Afghanistan sejak melancarkan serangkaian serangan pada Mei bertepatan dengan dimulainya penarikan terakhir pasukan asing AS.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh terkini.id dan sindonews.com dengan 1 pemberitaan, diikuti peringkat kedua okezone.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 10:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 08:00 WIB dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh bisnis.com dengan 49 interaksi, diikuti peringkat kedua nusantaratv.com dengan 47 interaksi. Selanjutnya merdeka.com dengan 41 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.