Lokadata.ID

The Underdogs, tema bullying dipadu fenomena YouTuber

Salah satu adegan dalam The Underdogs.
Salah satu adegan dalam The Underdogs. Starvision

Saat ini kasus perisakan (bullying) yang menimpa anak-anak sekolah kerap terjadi. Pada saat yang sama, banyak anak-anak muda yang ingin populer dengan menjadi YouTuber (seleb YouTube). Starvision menggabungkan dua fenomena ini dalam film komedi The Underdogs.

Bobi (Jeff Smith) adalah siswa taat yang sering dianggap kepo, melaporkan kenakalan murid lain. Dio (Brandon Salim) merupakan kutubuku nan pemalu. Nanoy (Babe Cabiita) adalah siswa yang berulang kali tinggal kelas. Ellie (Sheryl Sheinafia) adalah gadis yang dianggap aneh. Sama-sama dianggap culun dan tersisih dari pergaulan, mereka pun bersahabat.

Sampai akhirnya mereka terinspirasi sukses S.O.L, sekelompok Youtuber terdiri dari Sandro (Ernest Prakasa), Oscar (Young Lex), dan Lola (Han Yoo Ra). Dulu anak-anak S.O.L. juga cupu (culun punya), tapi mereka berhasil mengubah nasib dan menjadi terkenal.

Tentu saja perjuangan Bobi dan kawan-kawan tak gampang. Perjalanan mereka menjadi Youtuber sukses malah mengancam persahabatan yang sudah terjalin bertahun-tahun.

"Seniman harus meng-capture dengan halus untuk menghentikan bully serta bentuk kekerasan baik verbal maupun non-verbal," ujar sutradara Adink Liwutang dalam konferensi persThe Underdogs yang digelar di Hongkong Cafe, Jakarta Pusat (31/7/2017).

Salah satu adegan dalam film ini disebut Adink sangat cocok dengan realita saat ini, ketika perisakan tak hanya terjadi di dunia nyata, tapi merembes ke dunia maya. "Ada adegan yang melibatkan Aulion (salah satu pemeran, red.). Dia berkata, 'Haters (pembenci) itu dibiarkan saja. Mereka belum berbuat, sementara kita sudah berbuat'," jelas Adink.

Karena ceritanya bertautan dengan YouTuber, Starvision menggandeng banyak pesohor yang eksis dari situs pengaliran video YouTube itu, juga beberapa selebgram (pesohor Instagram). Ada Cameo Project, Aulion, Ria Ricis, Lula Lahfah, Amel Carla, Paopao LDP, Gritte Agatha, dan masih banyak lagi.

Salah satu pemeran utama yaitu Han Yoo Ra bahkan merupakan seorang YouTuber tulen --ia belum pernah menjajal dunia akting. Dengan pengikut sebanyak lebih dari 500 ribu, tiap video unggahan gadis asli Korea Selatan ini ditonton ratusan ribu kali.

"Awalnya saya ngobrol dengan Pak Parwez yang mau bikin film tentang YouTuber, tapi saat itu dirasa terlalu dini. Sekarang ketika saya punya anak, saya merasa kok YouTube itu sudah semakin relevan," ungkap Ernest yang kali ini duduk di kursi produser.

Tak hanya Youtuber, beberapa komika seangkatan Ernest pun turut tampil. Seperti Soleh Solihun, Pandji Pragiwaksono, Adjis Doa Ibu, Dodit Mulyanto, Lolox, dan Gita Bhebhita.

Belum lagi penampilan pendukung dan cameo para pesohor seperti Dede Yusuf, Meira Anastasia (istri Ernest), Joko Anwar, Feby Febiola, Aswi Welas, Ence Bagus, dan Igor Saykoji.

Itu semua tentu memakan biaya besar. Produser Chand Parwez Servia tak mengungkap besaran pastinya, namun pria keturunan India itu menyatakan biayanya di atas Cek Toko Sebelah, film Ernest sebelumnya yang dibikin Starvision.

Namun soal target penonton, Chand tidak muluk-muluk. Cek Toko Sebelah sukses besar dengan menyedot 2,6 juta penonton. "Targetnya di atas Ngenest (785 ribu penonton)," ungkap Chand. Alasannya, The Underdogs adalah film pertama yang disutradarai Adink, jadi adil jika dibandingkan Ngenest (2015) yang merupakan garapan pertama Ernest.

"Saya berani klaim ini film komedi remaja pertama yang paling bagus yang pernah saya lihat. Saya berharap ini jadi ilustrasi baru mengenai film remaja yang dibikin dengan kesungguhan," ungkap Chand.

The Underdogs akan tayang pada 10 Agustus.

THE UNDERDOGS Official Trailer