Lokadata.ID

Trump dimakzulkan Parlemen AS

Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi  merobek naskah pidato Presiden AS Donald Trump setelah pidato kenegaraan pada rapat bersama Senat AS di House of Chamber od the U.S. Capitol, di Washington, Amerika Serikat, Selasa (4/2/2020).
Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi merobek naskah pidato Presiden AS Donald Trump setelah pidato kenegaraan pada rapat bersama Senat AS di House of Chamber od the U.S. Capitol, di Washington, Amerika Serikat, Selasa (4/2/2020). Jonathan Ernst / ANTARA FOTO/REUTERS

Parlemen Amerika Serikat sepakat memakzulkan Presiden Donald Trump, Rabu (13/1/2021). Voting memenangkan kubu pro pemakzulan dengan perolehan 232 suara melawan 197.

Dengan keputusan tersebut, Trump menjadi Presiden AS pertama yang dua kali menghadapi upaya pemakzulan.

"Hari ini, melalui langkah bipartisan, Parlemen membuktikan bahwa tidak ada siapapun yang tidak tersentuh hukum, tak terkecuali Presiden Amerika sekalipun," ujar ketua DPR Amerika, Nancy Pelosi, dikutip dari kantor berita Reuters, Kamis, 14 Januari 2021.

Upaya pemakzulan Donald Trump tersebut berkaitan dengan peristiwa kerusuhan US Capitol. Dalam peristiwa yang menewaskan 6 orang itu, Donald Trump dianggap ikut bertanggung jawab karena sebelum kerusuhan ia sempat meminta pendukungnya bergerak ke gedung Kongres dan melawan pengesahan hasil Pilpres Amerika di sana.

Keputusan untuk memakzulkan Donald Trump didukung sepuluh Republikan. Salah satu Republikan yang mendukung pemakzulan adalah John Katko, yang menganggap Trump sebagai ancaman nyata terhadap demokrasi di AS sehingga sudah saatnya dihukum.

Nancy Pelosi akan memberikan keputusan pemakzulan kepada Senat Amerika untuk kemudian menyidangkan Donald Trump. Namun, dengan masa kepemimpinan Donald Trump hanya tinggal sepekan lagi, beberapa meragukan sidang akan benar-benar berjalan.

Ringkasan

  • Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat menggelar voting pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump, Rabu 13 Januari 2021.
  • Untuk pertama kalinya dalam sejarah Amerika Serikat, Donald Trump menjadi presiden pertama yang dimakzulkan dua kali oleh anggota Parlemen.
  • Pemakzulan dicapai usai voting memenangkan kubu pro pemakzulan dengan perolehan 232 melawan 197. Ada 10 anggota dari Partai Republik yang ikut mendukung pemakzulan.
  • Pertama dia dimakzulkan karena menekan Ukraina.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tempo.co dan cnnindonesia.com dengan 7 pemberitaan, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 6 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 16:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 08:00 WIB dengan total 19 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 443 interaksi, diikuti peringkat kedua tempo.co dengan 72 interaksi. Selanjutnya indozone.id dengan 41 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.