Lokadata.ID

Waskita Karya jual tol Cibitung-Cilincing Rp2,4 triliun

Foto udara pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (15/6/2021).
Foto udara pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (15/6/2021). Fakhri Hermansyah / ANTARA FOTO

PT Waskita Karya menjual jalan tol Cibitung-Cilincing kepada PT Akses Pelabuhan Indonesia (API). Divestasi ini dilakukan sebagai upaya perseroan menekan beban utang.

Nilai transaksi penjualan 55 persen saham tersebut sebesar Rp2,49 triliun. Anak perusahaan WK, Waskita Toll Road (WTR) merupakan pemegang konsesi jalan tol Cibitung-Cilincing melalui PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP). Sedangkan, PT API merupakan pemegang saham atas 45 persen saham pada CTP.

PT API merupakan anak usaha dari PT Pengembang Pelabuhan Indonesia dan PT Pelabuhan Tanjung Priok, bagian dari grup perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang bergerak di bidang penyediaan jalan akses khusus dan jalan tol ke pelabuhan dan fasilitas pendukungnya. Setelah transaksi diselesaikan, PT API akan menjadi pemegang saham atas keseluruhan CTP.

Dana yang diperoleh dari penjualan tol tersebut akan digunakan untuk mendukung proses bisnis WTR, kata Direktur Utama WTR, Septiawan Andri Purwanto, dikutip CNBC Indonesia.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing atau Jalan Tol Cibici adalah salah satu jalan tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 atau JORR 2 yang terhubung dengan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dan Jalan Tol Jakarta–Cikampek di bagian selatan dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian utara. Jalan tol ini sepanjang 34 km ini ditargetkan rampung tahun ini.

Proses divestasi CTP ini ditargetkan selesai pada triwulan III tahun 2021. Dengan adanya divestasi CTP ini, Waskita diperkirakan dapat menurunkan utang melalui dekonsolidasi hingga Rp 5 triliun.

Saat ini, Waskita telah melaksanakan divestasi atas 4 ruas jalan tol dari 9 ruas jalan tol yang ditargetkan untuk dilepas kepada investor di tahun 2021 ini.

Sebelumnya, pada April 2021 lalu, perseroan melakukan divestasi atas seluruh kepemilikan saham WTR pada PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) kepada Kings Rings Ltd. Kemudian, pada Juni 2021 lalu, Waskita juga melakukan divestasi atas 40 persen kepemilikan saham WTR pada PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) serta divestasi atas 35 persen saham WTR pada PT Cinere Serpong Jaya (CSJ).

Divestasi kepemilikan WTR pada JSB dilakukan dengan 2 skema, yaitu melalui melalui penerbitan Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT), serta melalui konversi saham ( share swap ), masing-masing atas 20 persen kepemilikan WTR pada JSB. Sedangkan divestasi pada CSJ dilakukan seluruhnya melalui mekanisme share swap.

Beban utang Waskita Karya, sehingga kewajiban bunga besar, memang tidak sedikit. Hingga Maret tahun ini, laporan keuangan perusahaan tersebut menyebutkan, total utangnya mencapai Rp68 triliun.

Ringkasan

  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui ) melalui anak usahanya yaitu PT Waskita Toll Road dan PT Akses Pelabuhan Indonesia (API) menandatangani divestasi Jalan Tol Cibitung-Cilincing.
  • WTR telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (PPJB) dengan PT Akses Pelabuhan Indonesia atas seluruh kepemilikan saham WTR pada PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP).
  • WTR sendiri telah menandatangani PPJB dengan PT Akses Pelabuhan Indonesia atas seluruh kepemilikan saham WTR pada PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP).
  • Sementara itu, proses divestasi ditargetkan dapat selesai pada kuartal III 2021.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh okezone.com dan liputan6.com dengan 1 pemberitaan, diikuti peringkat kedua koransn.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 14:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 12:00 WIB dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 0 interaksi, diikuti peringkat kedua bisnis.com dengan 0 interaksi. Selanjutnya cnbcindonesia.com dengan 0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.