Tentang

Website Pantau-KBB ini menampilkan laporan pemantauan Kemerdekaan Beragama dan Berkeyakinan (KBB) di Indonesia sejak 2008. Dipersembahkan oleh Wahid Foundation bekerja sama dengan Lokadata.id.

Sebagai lembaga dengan visi penyebaran Islam damai (seeding plural and peaceful Islam), Wahid Foundation secara rutin melakukan pemantauan Kemerdekaan Beragama dan Berkeyakinan (KBB) di Indonesia sejak Januari 2008. Pemantauan ini menjadi salah satu aktivitas utama Wahid Foundation yang berdiri sejak 2004.

Hasil pemantauan tersebut dilaporkan setiap tahun, selama lebih dari satu dekade terakhir. Bagi Wahid Foundation, pemantauan dan pelaporan ini bukan hanya menjadi informasi publik dalam melihat perkembangan KBB di Indonesia, melainkan juga sebagai bahan advokasi dan pengembangan program-program lembaga.

Berlandaskan pada data itu, Wahid Foundation secara aktif terlibat dalam gerakan advokasi bersama dengan organisasi lain yang memiliki perhatian serupa. Kasus-kasus advokasi yang pernah diangkat antara lain adalah isu Ahmadiyah, dan pelarangan gereja atau masjid.

Wahid Foundation juga melakukan advokasi kebijakan publik yang terkait dengan isu KKB. Seperti RUU Perlindungan Umat Beragama serta advokasi penghapusan UU PNPS 1965 pada tahun 2010.

Berbasis data dan laporan-laporan itu pula, Wahid Foundation mengembangkan riset dan program-program pendampingan masyarakat. Tema-tema riset meliputi isu minoritas, fatwa, KBB, regulasi diskriminatif, serta syiar kebencian. Wahid Foundation juga mengembangkan studi persepsi publik tentang intoleransi dan radikalisme di Indonesia.

Wahid Foundation memandang perlu ada pengembangan model pemantauan berbasis digital untuk mempermudah penggalian dan penyampaian data informasi KBB yang lebih mudah diakses secara luas. Oleh karena itu, Wahid Foundation mengembangkan platform digital M-Pantau KBB yang telah diinisiasi sejak 2014.

Website Pantau-KBB ini merupakan pengembangan platform pemantauan digital yang sudah digunakan sebelumnya. Melalui kolaborasi dengan Lokadata.id, kini disempurnakan demi menyuguhkan sajian informasi yang lebih modern, atraktif, mudah diakses, dan menjadi rujukan tentang perkembangan KBB di Tanah Air.